Home > Peluang Usaha > Ide dan Kelebihan Peluang Usaha Produk Tradisional dan Natural

Ide dan Kelebihan Peluang Usaha Produk Tradisional dan Natural

Ide-dan-Kelebihan-Peluang-Usaha-Produk-Tradisional-dan-Natural

Peluang usaha produk tradisional dan natural – Indonesia merupakan negara dengan adat ketimuran yang masih kental dengan tradisi. Nah kita bisa menjalankan usaha dengan modal kecil, namun dengan produk yang mengedepankan konsep alami dan sehat secara alami, dengan konsep bisnis yang mengangkat nuansa tradisional seperti tenunan, batik, atau anyaman tradisional.

Kenapa Peluang usaha Produk Tradisional dan Natural cukup Menjanjikan?

Jawaban:

Bisnis jual produk tradisional dan natural juga memiliki banyak peminat baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tingginya peminat produk tradisional dan natural ini disebabkan karena uniknya hasil jadi produk tersebut tersebut dan juga keindahan yang dibawa oleh setiap produk tradisional tersebut

Ada beberapa kelebihan bisnis jual produk tradisional dan natural:

1. Tingginya permintaan pasar

Tingginya permintaan pasar menjadi kelebihan pertama dari bisnis jual produk tradisional ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya permintaan yang tinggi tersebut tidak hanya hadir dari dalam negeri saja, akan tetapi juga dari luar negeri yang tertarik dengan budaya Indonesia yang tercermin dalam produk tradisional dan naturalnya.

Selain itu, estetika atau nilai keindahan yang ada pada produk tradisional tersebut juga menjadi nilai plus tersendiri mengapa produk tradisional sangat digemari oleh banyak orang.

2. Peluang ekspor ke luar negeri terbuka lebar

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, dengan permintaan yang tinggi, produk natural dan tradisional Indonesia juga berpeluang untuk mendapatkan tempat yang luas di pasar luar negeri. Sehingga bisa menjadi salah satu peluang bisnis ekspor yang sangat menjanjikan.

Dan kabar baiknya lagi masih sangat sedikit pelaku dunia bisnis yang melirik produk tradisional sebagai komoditi untuk di jadikan komoditi ekspor. Inilah yang bisa Anda manfaatkan dan juga coba perjuangkan.

3. Turut melestarikan budaya

Selain menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan, bisnis jual produk tradisional juga memberikan dampak yang baik terhadap pelestarian budaya bangsa. Selain meraup keuntungan di bidang ekonomi, dengan menjual produk tradisional Anda juga telah turut berkontribusi melestarikannya hingga tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Apa Saja yang termasuk dengan produk tradisional yang bisa dijadikan peluang?

Jawaban:

Contoh kerajinan tradisional yang bisa Anda jadikan peluang bisnis :

1. Kerajinan anyaman bambu

Kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu seperti kipas tangan, topi, tempat tisu, lampu hias, dan sebagainya merupakan salah satu contoh barang yang sangat baik untuk dijadikan komoditi bisnis jual kerajinan tradisional. Kerajinan anyaman bambu ini juga telah memiliki tempat tersendiri di pasar Internasional.

Daerah-daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya dan juga Garut menjadi salah satu tempat banyaknya pengrajin kerajinan anyaman bambu ini. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu daerah pemasok kerajinan anyaman bambu untuk dijual kembali.

2. Kerajinan wayang

Selain menjadi cerminan dari budaya Indonesia yang sangat kaya, kerajinan wayang juga bisa menjadi komoditi bisnis jual kerajinan tradisional yang sangat berpotensi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak kerajinan wayang yang terbuat dari bahan kulit di ekspor hingga ke luar negeri.

Selain itu keindahan yang tergambar dalam wayang juga menjadi alasan lain mengapa wayang ini sangat digemari oleh banyak orang sebagai bentuk kerajinan tangan tradisional yang bernilai tinggi.

3. Kerajinan dari batik

Batik merupakan salah satu ikon paling terkenal dari kebudayaan Indonesia. Keindahan dan keaslian batik yang mampu mencerminkan budaya Indonesia yang kaya menjadi daya tarik tersendiri dari batik itu sendiri. Bisnis jual kerajinan tradisional dengan batik juga telah mendapatkan pasarnya sendiri di negara-negara lain seperti negara-negara di Benua Asia bahkan hingga Benua Eropa.

Banyak contoh pengrajin batik yang telah berhasil melebarkan sayap mereka ke kancah Internasional. Tentunya dengan kerja keras dan juga kreativitas yang tidak ada habisnya. Yogyakarta, Solo, dan Surakarta menjadi salah satu tempat dengan kerajinan batik yang sangat banyak. Tidak hanya di olah menjadi kain dan pakaian saja, akan tetapi sudah mulai menyebar dalam bentuk lain seperti tas, dompet, dan juga sepatu dengan motif batik.

4. Kerajinan ukiran kayu

Jepara menjadi salah satu daerah yang sangat lekat dengan kerajinan ukiran kayunya yang sangat indah. Ukiran kayu memang membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi ketika membuatnya, dan karena tingkat kerumitannya yang sangat tinggi itulah, kerajinan ukiran kayu ini sangat bernilai tinggi untuk dijadikan komoditi bisnis jual kerajinan tradisional.

5. Gerabah

Gerabah atau keramik yang terbuat dari tanah liat, seperti kuali, wajan, dan sebagainya juga menjadi salah satu komoditi andalan bisnis jual kerajinan tradisional yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Gerabah memang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai perkakas dapur tradisional zaman dulu. Akan tetapi, saat ini gerabah dimanfaatkan karena segi estetika dan keunikannya saja. Anda bisa menemukan banyak contoh gerabah dengan berbagai bentuk di pasar tradisional.

Berapa Modal Untuk Memulai Usaha Jual Produk Tradisional dan Natural?

Jawaban:

Usaha produk tradisional dan natural menjadi menarik karena modalnya yang tidak terlalu tinggi, tetapi banyak pelaku usaha yang menyalah-artikan modal besar dengan peluang bisnis yang semakin besar.

Sesuaikan modal dengan rencana bisnis sekarang hingga ke depannya. Untuk memudahkan kita, susunlah proyeksi keuangan bisnis selama 3 tahun ke depan sehingga kita memiliki gambaran berapa jumlah modal yang tepat untuk Anda tanam.

Selain bergantung pada operasional usaha, modal awal juga bergantung pada supplier atau bahan baku, lokasi jualan, dan promosi. Dengan memperhitungkan seluruh aspek bisnis, kita akan terhindari dari kerugian akibat harga modal yang terlalu tinggi.

Menghabiskan terlalu banyak uang untuk modal awal tidak menjamin kelangsungan usaha. Modal yang tidak terlalu tinggi pun dapat mengantisipasi kerugian bisnis yang terlalu banyak.

Lokasi yang bagaimana yang tepat untuk bisnis jual produk tradisional dan natural?

Jawaban:

Lokasi strategis merupakan kunci kesuksesan suatu bisnis; semakin banyak peminat batik yang ada di lingkungan lokasi jualan, maka penjualan produk kita akan semakin meningkat. Mengingat produk tradisional cocok untuk semua kalangan, pilihlah lokasi yang didatangi oleh banyak orang.

Lokasi yang dekat pasar, sekolahan atau pusat kota merupakan tempat yang dapat dipertimbangkan. Selain itu, manfaatkan definisi produk kita sebagai corak tradisional Indonesia dengan berjualan di tempat-tempat wisata. Dengan berjualan di tempat wisata, tidak hanya turis lokal, anda pun dapat menarik minat turis asing.

Lokasi juga membentuk kompetisi pasar jualan kita; jika tempat tersebut ramai dengan para peminat batik, maka otomatis dapat ditemui banyak penjual barang tradisional dan natural.

Untuk memastikan keunikan dibandingkan kompetitor lainnya, tidak ada salahnya untuk meninjau lokasi jualan kita terlebih dahulu. Perhatikan segmen pasar yang masih terbuka, selain tipe dan macam, kita dapat bersaing dari sisi harga dan kualitas

Bagaimana cara mempromosikan produk tradisional kita?

Jawaban:

kita perlu menciptakan pangsa pasar baru dengan melakukan promosi secara giat dan efektif. Kepiawaian dalam mempromosikan produk dapat membedakan kita dengan pengusaha sukses dan pengusaha gagal. Konsep yang unik dalam melakukan promosi dapat membantu pembeli untuk mengingat produk kita.

Salah satu cara promosi yang efektif dan menarik perhatian banyak orang adalah melalui sosial media. Perkenalkan toko kita ke khalayak ramai melalui akun-akun sosial media seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

kita pun dapat menggunakan jasa influencer untuk melakukan endorsement (iklan berbayar) atas produk kita. Selain promosi, sosial media juga dapat dijadikan menjadi tempat para pelanggan untuk memberikan komen atau saran atas produk kita

Kenapa Menjaga kualitas dan Pengetahuan tentang Produk kita penting?

Jawaban:

Kenali produk yang kita jual sendiri. Pengetahuan mengenai produk yang dijual dapat membedakan kita dari penjual produk tradisional berkualitas dan penjual produk natural yang hanya memikirkan untung.

Jika menjual  dengan produk yang berkualitas dan pengenalan produk yang baik, kita akan dapat bersaing dengan pelaku pasar yang sudah lama di bidangnya.

Tidak hanya itu, dengan menjadikan produk kita sebagai budaya, kita pun akan menciptakan citra penjualan produk yang khas Indonesia. Dengan cara ini, tidak menutup kemungkinan, usaha kita akan go-international

Apa hal yang penting untuk diperhatikan saat berbisnis produk tradisional dan natural?

Jawaban:

  1. Kreatif Buat model atau motif sendiri supaya berbeda dengan yang sudah ada.
  2. Perpadukan unsur klasik dan modern
  3. Jangan Lupa Memikirkan Perkembangan Budaya daerah dan Perpaduan budaya
  4. Jangan lupa memberi brand atau merek pada hasil karya anda.
  5. Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan.
  6. Melek Teknologi untuk Pemasaran
  7. Ikuti selalu trend di masyarakat
  8. Jangan lupa melakukan pembukuan dengan baik dan benar
  9. Konsisten dan pantang menyerah.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: